Selasa, 29 Januari 2008

BERSAMA MENGINTAI MALING

BERSAMA MENINTAI MALING
Oleh Revi Marta Dasta
(Singgalang. Selasa, 17 April 2007)



Kesibukan yang begitu tinggi di masyarakat kita hari ini, seakan telah melupakan kebiasaan-kebiasaan yang selama ini sudah melembaga di masyarakat. Misalnya saja meluangkan waktu melakukan penjagaan terhadap lingkungan sekitar rumah tempat tinggal. Seharusnya menjaga keamanaan lingkungan dari para penjahat atau maling merupakan tugas dan tanggung jawab bersana. Namun seringkali terjadi dicap acuh dan tidak peduli dengan lingkungan bersama. Kita baru menyadari betapa pentingnya kebersamaan dalam menjaga lingkungan setelah kita sendiri yang menjadi korban kemalingan atau perampokan.

Selama ini kita hanya mengangap remeh persoalan keamanan lingkungan. Kadang kala kita juga merasa cuek dengan lingkungan, tidak mau terlibat dengan kegiatan sosial yang sering kita dengar seperti ronda atau siskamling tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan. Sering kali orang menggap remeh ronda atau siskamling. Kondisi seperti ini seringkali terjadi pada daerah perkotaan dimana setiap saat masyarakat disibukan dengan kegiatan kantor perdagangan dan jasa.

Padahal kalau dicermati, kemalingan paling sering kali terjadi di lingkungan kita. Si pemaling itu malah tidak ragu-ragu dalam menjalakan aksinya biadabnya. Kadang-kadang malah sampai membunuh dan melukai korban. Beruntung yang hilang itu hanya barang-barang yang berharga, tetapi kalau nyawa yang melayang akibat sabetan clurit pemaling tadi tentu akan lain ceritanya.

Ada kejadian yang baru-baru ini memimpa teman saya terjadi di daerah jati-padang salah seorang aktifis organisasi kemahasiswaan kehilangan HP. Padahal HP itu sangat penting baginya dalam menjalakan aktivitas sehari-hari. Begitu terpukulnya dia sehingga tidak tau kemana harus mencari gantinya. Kasus-kasus tersebut mungkin sudah banyak terjadi. Tetapi apabila kita tidak waspada dari sekarang maka korban kemalingan akan banyak bertambah. Maka tindakan yang bersifat prefentif harus segera dilakukan. Mari kita bersama mengintai maling.

Tidak ada komentar: